https://youtu.be/_fOo_LpduSY

BBTKLPP Banjarbaru sebagai salah satu unit pelaksana teknis Ditjen P2P Kementerian Kesehatan salah satu tugas pokok dan fungsi melaksanakan surveilans epidemiologi. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah dengan melaksanakan respon KLB/Wabah Peningkatan penyakit Kasus DBD di Barabai.

Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Rumah Sakit Damanhuri Barabai melakukan pemeriksaan serotype virus dengue  pada darah kasus,  dengan metode rapid test RDT IgG, IgM dan metode PCR .

Kegiatannya adalah melakukan pengambilan darah jari pada penderita yang terdiagnosis Demam Berdarah Dengue sudah dan pulang dari rawat inap di RSUD H. Damanhuri Barabai sekitar 1 bulan untuk mengetahui IgG dan IgM dengan metode rapid test RDT IgM dan IgG,   Melakukan pengambilan serum darah pada penderita yang di rawap inap di RSUD Damanhuri Barabai terdiagnosis Demam Berdarah Dengue untuk mengetahui jenis serotype yang di kenal dengan DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4.

Dari kegiatan tersebut disimpulkan:

1.Berdasarkan hasil pemeriksaan darah jari darah dengan metode Rapid test RDT IgG dan IgM pada penderita yang terdiagnosis Demam Berdarah Dengue yang sudah pulang dari rawap inap di RSUD H. Damanhuri Barabai didapat hasil, dari 21 orang yang diperiksa darah jarinya hanya 8 orang yang positif IgG (Infeksi Dengue Primer)

Berdasarkan hasil pemeriksaan Serum darah dengan metode PCR pada penderita yang terdiagnosis Demam Berdarah Dengue yang rawap inap di RSUD H. Damanhuri Barabai didapat hasil, dari 10 orang yang diperiksa serum darahnya 8 orang yang positif  Dengue 3 sebanyak 6 orang, 1orang positif Dengue 2 dan 1 orang positif Dengue 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.