Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh BBTKLPP Banjarbaru dalam penyelenggaraan kesehatan lingkungan yaitu surveilans  faktor risiko embarkasi haji pada situasi khusus di embarkasi haji Balikpapan yang dilaksanakan pada tanggal 17-19 Juli 2019.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas II Balikpapan dan Kementerian Agama, serta pihak terkait, khususnya PT. Aerofood ACS Balikpapan.

 Tujuan kegiatan adalah untuk menghindari terjadinya KLB keracunan makanan dan KLB penyakit serta gangguan kesehatan dalam situasi khusus (embarkasi haji). Sedangkan secara khusus, kegiatan ini bertujuan khusus memperoleh gambaran kualitas air bersih dan air minum secara fisik, kimiawi dan bakteriologi, memperoleh gambaran kualitas makanan baik secara kimia maupun bakteriologis, memperoleh gambaran kualitas bakteriologis udara ruang, lantai ruang dan pada peralatan makan, peralatan saji dan peralatan masak.

Parameter yang diperiksa untuk air antara lain kekeruhan, bau, rasa, suhu,TDS, Ph, KMnO4, MPN Coliform dan Mpn E.coli. Di samping itu, tim BBTKLPP Banjarbaru melakukan pemeriksaan TPC udara baik di tempat pengolahan makanan maupun di asrama haji Balikpapan.

Sedangkan untuk makanan, parameter yang diperiksa adalah salmonella, staphylococcus, Vibrio Cholera, dan E.coli. Di samping melakukan pemeriksaan terhadap makanan, BBTKLPP Banjarbaru  juga melakukan usap alat dan usap lantai.https://drive.google.com/file/d/1–u3VTR2VxG5luuc_RAP_CWtBPonAnHt/view?usp=sharing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.