Penemuan kasus baru COVID-19 berdasarkan pernyataan Menteri Kesehatan tanggal 2 Maret 2021, diketahui bahwa di Indonesia telah ditemukan virus COVID-19 Varian Baru B117-UK. Dengan adanya temuan tersebut, BBTKLPP Banjarbaru melalui Bidang Surveilans Epidemiologi langsung bergerak untuk melakukan penyelidikan. Kegiatan dilakukan di Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Tapin (7-8 Maret 2021).

Dalam kegiatan penyelidikan BBTKLPP Banjarbaru bekerjasama dengan Subdit Infeksi Emerging Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan Dirjen P2P Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tapin serta Puskesmas dari Kabupaten/Kota Setempat. selain itu juga melibatkan RS TNI AU Banjarbaru.

Penyelidikan dilakukan di beberapa kabupaten/kota dengan informasi pelacakan (tracing) terhadap Kontak Erat (KE) di sebuah proyek di Kabupaten Tapin dan Kabupaten Banjar serta Mess Banjarbaru.

Beberapa hal yang dilakukan dalam penyelidikan yaitu pengambilan serum darah untuk pemeriksaan serologis di Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta pada Kontak Erat (KE) sebanyak 42 orang. kemudian juga Pengambilan Swab PCR untuk KE yang memiliki gejala dan menunjukkan hasil tes antibodi reaktif sebanyak 7 orang. Pengambilan swab dilakukan oleh RSUD Datu Sanggul Kabupaten Tapin terhadap kasus dengan CT Value dibawah 25 dalam 2 minggu terakhir. Selanjutnya dikirimkan ke litbangkes untuk dilakukan skrening gen S, untuk mengetahui apakah ada penularan lokal B117 di lokasi sebanyak 7 spesimen.

©️ BBTKLPP Banjarbaru
Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
Tidak Menerima Gratifikasi dalam Bentuk Apapun.
Pengaduan Melalui :
Telp. 0511-4780343 atau E-mail : bbtklbjb@gmail.com
#BBTKLPPBanjarbaru #BBTKLPP #Vaksinasi #WilayahBebasdariKorupsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.