BBTKLPP Banjarbaru menghadiri undangan peserta luar jaringan (luring) Diseminasi Studi Kualitas Air Minum Rumah Tangga (SKAMRT) tahun 2020 di Hotel JS Luwansa, Jakarta (01/04).

Kegiatan pertemuan ini dimulai kata sambutan oleh Kepala Badan Litbangkes, dr. Slamet, MHP dan Plt. Dirjen Kesmas Kemenkes RI drg. Kartini Rustandi, M.Kes. Pada pertemuan ini penyampaian hasil studi kualitas air minum rumah tangga oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan bekerjasama dengan Direktorat Kesehatan Lingkungan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat.

BBTKLPP Banjarbaru dalam pertemuan ini bukan hanya sebagai peserta, namun Kepala BBTKLPP Banjarbaru Slamet Mulsiswanto, SKM., M.Kes menjadi penanggap mewakili Sesditjen P2P bersama perwakilan Kementerian PPN/Bappenas, Ditjen Cipta Karya Kemen PUPR, Ditjen PPMD Kemendesa, Technical Officer WHO, YLKI, Perpamsi dan Kelompok Pengelola SPAM.

Survei SKAMRT dilakukan di seluruh kabupaten kota di 34 provinsi dengan representasi nasional, menggunakan disain potong lintang. Jumlah sampel 25.000 rumah tangga dari 2.500 blok sensus. Data yang dkumpulkan meliputi kondisi sarana air minum di rumah tangga, kondisi pencemaran sara air minum dan pengujian kualitas air minum dengan cara wawancara, pengamatan, dan pengujian fisik.

Dari studi ini diperoleh rekomendasi:
1. Peningkatan upaya surveilans kualitas air minum rumah tangga dengan metode yang tepat dan berkelanjutan.
2. Peningkatan kapasitas tenaga sanitasilingkungan dalam melaksanakan surveilans kualitas air minum.
3. Advokasi kepada para pemangku kepentingan di tingkat pusat maupun daerah tentang pentingya perbaikan kualitas air minum secara fisik, mikrobiologi dan kimia terbatas perlu terus dilakukan.
4. Advokasi kepada lintas sektor terkait untuk penyediaan SAM layak dan perbaikan sarana air minum yang belum layak.
5. Peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku rumah tangga Indonesia dalam pengelolaan air minum secara aman perlu secara terus menerus dilakukan termasuk penggunaan teknologi tepat guna.

©️ BBTKLPP Banjarbaru
Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
Tidak Menerima Gratifikasi dalam Bentuk Apapun.
Pengaduan Melalui :
Telp. 0511-4780343 atau E-mail : bbtklbjb@gmail.com

#BBTKLPPBanjarbaru #BBTKLPP #Vaksinasi #WilayahBebasdariKorupsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.